Tanggungjawab dan Apa Yang Kita Sukai

September 11, 2018



Apakah kita salah seorang yang memiliki tanggung jawab? Apakah kita juga memiliki hal yang kita sukai?

Tanggungjawab apa sih? Menurutku tanggungjawab suatu perbuatan yang memang sudah seharusnya kita emban atau lakukan dari konsekuensi atau pilihan yang diambil. Misalkan, kita sebagai manusia yang sudah dewasa dan menikah maka sebagai seorang pria memiliki tanggung jawab untuk menafkahi keluarga dan membimbing keluarganya agar berbuat baik, begitupun seorang istri maka tanggung jawab istri adalah melayani suami, melahirkan, merawat anak-anak dan keluarga. Dan misalkan seorang istri mau bekerja karna keinginan (menyukai) atau karna kurangnya pemasukan suami untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tetangga tentu dia tidak boleh meninggalkan tanggungjawab-nya yang utama yaitu mengurus keluarga, keperluan suami dan anak-anak anaknya. Tapi jika kenyataanya seorang istri tersebut tidak dapat menunaikan tanggung jawabnya sebagai seorang istri dirumah karna harus bekerja maka seorang istri tersebut harus merelakan pekerjaannya karna dia memiliki tanggungjawab yang utama dirumah. Atau seorang pelajar yang sangat menyukai kegiatan ekstrakurikuler olahraga disekolah, dia memiliki tanggungjawab yang utama yaitu belajar, jika belajar telah usai baru dia boleh melakukan kegiatan yang dia sukai, misal ekstrakurikuler tersebut olahraga basket. Namun jika dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut menurunkan nilai atau membuat dia sering tidak bisa mengikuti kegiatan belajar dikelas maka dia harus meninggalkan atau mengurangi kegiatan yang melalaikan dia menunaikan kewajibannya sebagai pelajar tersebut. Karna yang utama yang harus didahulukan

Dan jika kasusnya misal seorang suami yang menunaikan kewajibannya dengan apa yang disukai, seperti : suami tersebut menyukai kegiatan hiking  lantas dia bekerja untuk bertanggungjawab menafkahi keluarganya dengan menjadi tur guide dan penjual perlengkapan pendakian, otomatis seharusnya itu menjadi kegiatan yang amat dia suka dan syukuri bukan? Kewajiban dia tunaikan dan dia juga dapat melakukan apa yang disukai atau pribahasanya sambil menyelam minum air gitu kan? Tapi jika di suatu ketika dia mulai lelah atau jenuh dengan apa yang dia sukai maka otomatis dia harus mencari pekerjaan lain bukannya mengeluhkan kejenuhannya dalam bekerja, karna masih ada tanggungjawab yang masih harus dipikul, yaitu istri dan anak-anak. Atau misal silaki-laki tersebut belum memiliki anak, tetap saja dia sudah mempunya seorang wanita yang sudah dijadikan istri, yang tanggungjawab dari ayahnya sudah berpindah ke laki-laki tersebut untuk dinafkahi dan dirawat.

Maka dari itu kerjakan apa yang kita sukai dan bertanggungjawab-lah. Dan sukailah apa yang kita kerjakan. Jangan sampai melalaikan kewajiban dari apa yang sudah kita pilih untuk ditanggung. Jangan sampai ketidak bertanggungjawab-ban kita menyusahkan atau membebankan.

Jadikanlah apa yang kita sukai menjadi manfaat untuk banyak orang.

Pamulang, 13:53 12/09/2018

You Might Also Like

0 komentar

Instagram

Followers

Popular Posts